10 Universitas Terbaik di Semarang yang Paling Populer Terakreditasi A

Sindu
By -
0

 Inilah daftar universitas terbaik di Semarang yang paling populer


Kota Semarang menjadi salah satu tujuan utama bagi para pelajar SMA di Jawa Tengah yang ingin melanjutkan kuliah. Hal ini tidak mengherankan, karena memang di kota Semarang terdapat banyak perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta yang memiliki akreditasi A atau amat baik.

Beberapa dari universitas di kota Semarang bahkan berhasil masuk 10 besar universitas terbaik di Indonesia, yaitu UNDIP (Universitas Diponegoro).

Bukan hanya UNDIP, Semarang juga memiliki cukup banyak universitas lain yang tidak kalah berkualitas dan pastinya keren.

Jika kalian ingin berkuliah di kota Semarang tapi masih bingung memilih universitas yang cocok, baca dulu deh daftar universitas terbaik di Semarang berikut ini:


Universitas Terbaik dan Terfavorit di Kota Semarang

#1 – Universitas Diponegoro (UNDIP)


Universitas Terbaik di Semarang yang Paling Populer dan Akreditasi A

Rangking Dunia: 1517
Rangking Indonesia: 7

Alamat Universitas Diponegoro (UNDIP): Jl.Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Universitas Diponegoro, atau yang populer dengan sebutan UNDIP, adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di kota Semarang, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1957, UNDIP tidak hanya menjadi universitas terbesar di wilayah Jawa Tengah, tetapi juga dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia yang diminati calon mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air.

Visi UNDIP untuk menjadi universitas riset unggul tercermin dalam berbagai inisiatif dan program akademiknya. Universitas ini menaungi 11 fakultas yang menawarkan beragam program studi mulai dari tingkat Diploma (D3), Sarjana (S1)/setara, Magister (S2), hingga Doktor (S3), serta program profesi dan spesialis.

Fakultas-fakultas terkemuka seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Fakultas Peternakan-Pertanian menjadi pilar utama dalam menyokong berbagai kegiatan pendidikan dan riset di UNDIP.

Bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk mengejar pendidikan tinggi di kota Semarang, UNDIP menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan sebelum melirik universitas-universitas terbaik lainnya. Dengan fasilitas yang memadai dan komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, UNDIP terus berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia.



#2 – Universitas Negeri Semarang


Universitas Terbaik di Semarang yang Paling Populer dan Akreditasi A

Rangking Dunia: 3036
Rangking Indonesia: 22

Alamat Universitas Negeri Semarang (UNNES): Jalan Sekaran, Sekaran, Gunung Pati, Sekaran, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50229

Universitas Negeri Semarang, atau yang dikenal dengan singkatan UNNES, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Gunung Pati, Semarang. Universitas ini dikenal sebagai institusi yang memiliki visi untuk menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Wawasan konservasi yang menjadi fokus utama UNNES mencakup prinsip-prinsip pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan sumber daya alam serta nilai-nilai sosial budaya. Hal ini menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, UNNES juga berkomitmen untuk membangun reputasi internasional dengan memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi di tingkat global.

UNNES menawarkan beragam fakultas yang mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum. Dengan berbagai pilihan fakultas dan program studi yang komprehensif, UNNES menjadi salah satu pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi di Semarang dengan standar dan komitmen yang tinggi terhadap pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.


#3 – Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)


Universitas terbaik di kota Semarang

Rangking Dunia: 3356
Rangking Indonesia: 31

Alamat Universitas Dian Nuswantoro: Jalan Nakula I No. 5-11, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah

Universitas Dian Nuswantoro atau UDINUS adalah salah satu universitas swasta terbaik di Semarang. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di Jawa Tengah dikenal dengan komitmennya yang kuat dalam menerapkan slogan "Cyber University", khususnya dalam bidang Teknologi Informasi yang berkualitas. Pendekatan serius ini membuat Udinus mendapatkan reputasi sebagai penyelenggara pendidikan yang unggul di wilayah tersebut.

Komitmen Udinus untuk meningkatkan kualitas pendidikan tercermin dalam berbagai upaya perbaikan. Salah satunya adalah peningkatan kapasitas dan kualitas laboratorium, perpustakaan, serta fasilitas untuk studi lanjut seperti program S2 dan S3. Selain itu, pengembangan sistem informasi dan berbagai aspek lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan juga terus dibenahi untuk memastikan standar yang tinggi.




Untuk mendukung kenyamanan mahasiswa, Udinus memiliki UPT Poliklinik Umum dan Gigi. Fasilitas ini tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa, tetapi juga dosen dan karyawan untuk pemeriksaan dan pengobatan kesehatan secara umum.

Fakultas-fakultas di Udinus mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Teknik. Dengan penekanan pada teknologi informasi yang canggih dan berbagai fasilitas pendukung yang memadai, Udinus terus berupaya menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang mencari pendidikan tinggi berkualitas di Jawa Tengah.


#4 – Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)


universitas di Jawa Tengah yang terakreditasi A

Rangking Dunia: 4618
Rangking Indonesia: 59

Alamat Universitas Islam Sultan Agung: Terboyo Wetan, Genuk, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupkan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.  Seiring perjalanan waktu ternyata tidak hanya universitas negeri yang menjadi pilihan utama karena beberapa universitas swasta juga menjadi destinasi pendidikan yang sangat menarik bagi para calon mahasiswa.

Unissula sendiri merupakan universitas terkemuka di Indonesia dan telah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University. UNISSULA secara konsisten mengembangkan empat strategi pendidikan yang menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri di antara ribuan universitas di Indonesia.

Dengan moto besarnya “ Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” merupakan PTS yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas.UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Salah satu universitas terbaik di Semarang ini memiliki 12 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, Fakultas Bahasa, Fakultas Ilmu Komunikasi; Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik.


#5 – Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang


universitas swasta terbaik di semarang jawa tengah

Rangking Dunia: 4895
Rangking Indonesia: 71

Alamat Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Jalan Walisongo No. 3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo Semarang) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Semarang. Awalnya bernama IAIN Walisongo sebelum resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sejak 19 Desember 2014 bersamaan dengan dua UIN yang lain, yaitu UIN Palembang dan UIN Sumut. Peresmian dan penandatanganan prasasti dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Adapun Fakultas di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang adalah Fakultas Dakwah & Komunikasi, Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Syari’ah & Hukum, Fakultas Usluhuddin & Humaniora, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi & Kesehatan dan Fakultas Sains & Teknologi.


#6 – Universitas STIKUBANK Semarang


10 Universitas Terbaik di Semarang yang Paling Populer dan Akreditasi A

Rangking Dunia: 7821
Rangking Indonesia: 119

Alamat Universitas STIKUBANK Semarang: Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Daftar universitas terbaik di Semarang selanjutnya adalah Universitas Stikubank (UNISBANK), merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Jawa Tengah yang memiliki 2 kampus. Kampus Mugas di Jl. Trilomba Juang No. 1 Semarang 50241. Telp 024 – 8451976, 8311668 dan fax 024 – 8443240. Dan kapus Kendeng di jl. Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Telp 024 – 8414970 dan fax 024 – 8441738. Universitas Stikubank (UNISBANK) ini didirikan pada tanggal 28 April 1968.

Salah satu perguruan tinggi terbaik di kota Semarang ini memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa & Ilmu Budaya, Fakultas Teknik dan Fakultas Pariwisata.


#7 – Universitas Muhammadiyah Semarang


perguruan tinggi negeri terbaik di semarang kota

Rangking Dunia: 8905
Rangking Indonesia: 134

Alamat Universitas Muhammadiyah Semarang: Jalan Kedungmundu Raya No.18, Kedungmundu, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Universitas Muhammadiyah Semarang adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang. Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Semarang (PTKMS) yang telah berdiri sejak tahun 1982, terdiri dari 3 akademi yaitu :

Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Analis Kesehatan. Dengan tujuan untuk mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah, mulailah dirintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang.

Fakultas di Universitas Muhammadiyah Semarang adalah Fakultas Ilmu Keperawatan & Kesehatan;
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Bahasa & Budaya Asing, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Kedokteran Gigi.


#8 – Universitas Katholik Soegijapranata


daftar universitas di semarang ptn pts terbaik

Rangking Dunia: 9321
Rangking Indonesia: 140

Alamat Universitas Katholik Soegijapranata: Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

Universitas Katolik Soegijapranata adalah sebuah perguruan tinggi Katolik terkemuka di Indonesia yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah dan berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang terafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang (Archdiocese of Semarang).

Salah satu universitas terbaik di kota Semarang ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang memiliki motto: "Talenta Pro Patria et Humanitate" (talenta terbaik dipersembahkan demi bangsa-negara serta kemanusiaan). Adapun universitas ini memiliki jaringan kerjasama yang luas baik di dalam maupun di luar negeri.

Universitas Katholik Soegijapranata menawarkan beberapa fakultas yang menarik, seperti Fakultas Arsitektur & Desain, Fakultas Hukum & Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Komputer.


#9 – Universitas Semarang


universitas terbaik di kota semarang

Rangking Dunia: 116.888
Rangking Indonesia: 172

Alamat Universitas Semarang: Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Semarang, Jawa Tengah

Daftar universitas terbaik di Semarang berikutnya ditempati oleh Universitas Semarang (disingkat USM), sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Perguruan tinggi ini memiliki dua lokasi kampus, yaitu di Jl. Atmodirono 11 dan di Jl. Soekarno-Hatta, Tlogosari. Kemudian sejak Tahun 2010, seluruh aktivitas mahasiswa Universitas Semarang dipusatkan di Kampus Jl.Soekarno-Hatta,Tlogosari.

Saat ini USM memiliki 180 dosen, 176 tenaga pendukung, berbagai fasilitas akademik dan umum, sekitar 14.000 mahasiswa dan sekitar 21.000 lulusan (D-III, S-1 dan S-2).

Beberapa fakultas yang dapat dipilih di Universitas Semarang seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Informasi & Komunikasi dan Fakultas Psikologi.


#10 – Politeknik Negeri Semarang


daftar  Universitas Terbaik di Semarang yang Paling Populer dan Akreditasi A

Rangking Dunia: 12979
Rangking Indonesia: 191

Alamat Politeknik Negeri Semarang: Jalan Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Pembinaan kemahasiswaan Politeknik Negeri Semarang diarahkan untuk mencapai sasaran terbentuknya tenaga profesional, cendekiawan yang mumpuni, dan berkepribadian Indonesia.

Untuk mencapai sasaran tersebut, pembinaan kemahasiswaan diselenggarakan di POLINES berdasarkan konsep terpadu yang dinamis dan sejalan dengan usaha dan kebijaksanaan pembangunan nasional dengan berorientasi terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan.

Selain itu, aktivitas kemahasiswaan di POLINES dilaksanakan berdasarkan prinsip kemitraan dengan prioritas pembinaan sikap, mental, serta budi pekerti luhur yang melengkapi ilmu pengetahuan dan keterampilan profesionalnya dengan memperhatikan cita-cita, minat, kebutuhan, dan kemampuan mahasiswa serta lingkungan fisik dan sosialnya.

Daftar jurusan di Politeknik Negeri Semarang adalah Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Bisnis.


Demikian daftar universitas terbaik di kota Semarang. Apakah ada kampus impian kalian dalam daftar di atas? Atau malah kalian sudah diterima di kampus impian tersebut? Yuk share di kolom komentar...

Next > Universitas Swasta Terbaik di Semarang

Tags: Apakah Unnes Top 10? Universitas Semarang ranking berapa? PTN top 10 apa saja? UI peringkat dunia ke berapa?, Universitas terbaik di semarang ranking Universitas terbaik di Jogja Universitas swasta terbaik di Semarang Ranking universitas di Indonesia Universitas Dian Nuswantoro Universitas Diponegoro

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!