12 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang Paling Populer dan Favorit

Sindu
By -
0

Ini dia 12 perguruan tinggi atau universitas terbaik di Yogyakarta!


Yogyakarta atau Jogja sering disebut juga sebagai kota pelajar. Tidak heran, karena kota yang terkenal akan keramahannya ini memang memiliki banyak perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang sangat banyak jumlahnya.

Mulai dari yang paling favorit, UGM (Universitas Gajah Mada) dan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), sampai yang unik dan tidak bisa kamu temukan di kota lain, yaitu Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Masyarakat Jogja yang terkenal santun dan ramah pun menjadi salah satu alasan kenapa Yogyakarta menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan kuliah. Nah, buat kamu yang ingin berkuliah di kota Yogyakarta tapi masih bingung mau memilih universitas mana, simak dulu deh daftar 12 Universitas Terbaik di Yogyakarta berikut ini!


Universitas Terbaik dan Terfavorit di Yogyakarta


#1 - Universitas Gadjah Mada


12 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang Paling Populer dan Favorit

Rangking Dunia: 817
Rangking Indonesia: 1

Alamat: Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Sebagai kampus terfavorit di kota Yogyakarta, pastilah Universitas Gajah Mada menjadi pilihan yang paling tepat untuk melanjutkan kuliah. Universitas Gadjah Mada, yang sejak 26 Desember 2000 berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Nega ra (PT-BHMN), adalah universitas tertua dan terbesar di Indonesia.

Tertua, karena lembaga pendidikan ini didirikan pada 19 Desember 1949. Terbesar, karena menjadi universitas nasional pertama yang memiliki 18 Fakultas (73 program studi S1 dan 28 program studi diploma) dan Program Pascasarjana (62 program studi S2 dan S3), dengan sekitar 55.000 mahasiswa (Program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor), 605 mahasiswa asing, 2.301 karyawan, dan 2.266 dosen. Hingga Februari 2005, UGM telah menghasilkan 150.501 lulusan: 103.858 lulusan Diploma, 98.746 Sarjana, 25.915 Magister, dan 622 Doktor.

Perguruan Tinggi Negara (PTN) Terbaik di Jogja ini menjadi tempat impian banyak orang untuk melanjutkan studi kuliah. Kamu patut berbangga hati jika bisa menjadi mahasiswa universitas terbaik di Yogyakarta ini.


 

2. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


universitas terbaik di jogja 2017 2018

Rangking Dunia: 2842
Rangking Indonesia: 17  

Alamat: Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbulharjo, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.  IKIP Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktu itu kursus BI memiliki Jurusan Ilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 102 /D0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Kampus yang beralamat di Jalan Kapas No.9, Semaki, Umbulharjo ini juga menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta.


3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 


universitas swasta terbaik di jogja 2017 2018

Rangking Dunia: 3425
Rangking Indonesia: 22  

Alamat: Jl. Ring Road Barat, Tamantirto, Kasihan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

UMY sebagai Perguruan Tinggi Islam Swasta terkemuka di Indonesia telah diakui kualitasnya dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di kota Yogyakarta. UMY telah banyak mencapai prestasi seperti mendapat akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam SK BAN PT No 061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, Penghargaan QS Star 2015, PTS terbaik Webometric 2011 – 2015 DIY & Jateng, Penghargaan “Green Campus” 2012 – 2016 Indonesia Green Awards dan  sebagainya.  

Sebagai kampus besar yang memiliki mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia bahkan datang dari berbagai negara, UMY menawarkan pengalaman keberagaman di kampusnya. Keberagaman ini menciptakan lingkungan belajar yang unik namun saling bersinergi.

Kampus modern ini memberikan gaya hidup perkuliahan  yang dinamis, menyegarkan dan menginspirasi. Tentunya tidak akan rugi jika kamu memilih UMY sebagai tempat kuliahmu di Jogja.


4. Universitas Negeri Yogyakarta


universita terbaik di jogja yogyakarta

Rangking Dunia: 3616
Rangking Indonesia: 28  

Alamat: Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Tidak kalah keren dari 3 PTN dan PTS di atas, ada juga Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY yang berlokasi tak jauh dari kampus UGM. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang telah berdiri 21 Mei 1964.

Sejarah panjang UNY dalam dunia pendidikan Indonesia telah menghasilkan tenaga kependidikan dan nonkependidikan yang berkualitas unggul. Banyak tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai profesional, perpustakaan universitas dan fakultas yang lengkap, pusat komputer, jaringan internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa, laboratorium penelitian modern, dan lingkungan yang asri membuat kampus yang dijuluki The Green Campus ini menjadi salah satu universitas terfavorit dan layak diperhitungkan.

Untuk menjawab tantangan global, mulai tahun 2008, UNY telah siap menuju World Class University.  Pengakuan internasional berupa sertifikasi terhadap kegiatan manajemen. proses, dan fasilitas pendukung sangat diperlukan dalam persaingan di era global.

Selain UGM, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Yogyakarta.


5. Universitas Islam Indonesia


perguruan tinggi swasta terbaik di yogyakarta

Rangking Dunia: 3711
Rangking Indonesia: 30  

Alamat: Jalan Kaliurang Km. 14,5, Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di kota Yogyakarta, Indonesia. Terinspirasi oleh semangat nasionalisme dan berpedoman pada nilai-nilai perennial, UII didirikan satu bulan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Saat ini, UII telah tumbuh berkembang menjadi tempat pembelajaran yang terpilih.

Berlokasi di utara Yogyakarta, jantung kebudayaan Jawa, kampus utama UII tepat menghadap ke keindahan Gunung Merapi yang menakjubkan, yang menjadikan UII sebagai tempat yang tepat untuk belajar. Hal tersebut membuat UII pantas masuk 5 besar dalam daftar Universitas Terbaik di Jogja.


6. Institut Sains & Teknologi Akprind 


universitas negeri terbaik di yogyakarta

Rangking Dunia: 4833
Rangking Indonesia: 59  

Alamat: Kompleks Balapan Yogyakarta, Jl.Kalisahak 28, Klitren, Gondokusuman, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222

Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Yogyakarta, dengan nilai Akreditas Kampus (B). Berada di bawah Yayasan Pembina Potensi Pembangunan.

IST AKPRIND didirikan pada awalnya sebagai Akademi Perindustrian dan Akademi Teknologi Industri dengan SK Yayasan pada tanggal pada 7 Mei 1970 kemudian pada tanggal 12 Mei 1987 berubah menjadi Institut Sains & Teknologi AKPRIND sampai sekarang.

Salah satu universitas terbaik di Yogyakarta ini menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains & teknologi. Program studi – program studi yang diselenggarakan ditampung dalam 3 fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sains Terapan, dan Fakultas Teknologi Mineral, yang meliputi jenjang Strata-I dan Diploma-III.


7. Universitas Sanata Dharma


12 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang Paling Populer dan Favorit

Rangking Dunia 5111
Rangking Indonesia: 66  

Alamat: Jalan Affandi Tromol Pos 29, Mrican, Catur Tunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55002


Satu lagi Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Jogja, yaitu Universitas Sanata Dharma. Universitas yang beralamat di Jalan Affandi Tromol Pos 29, Mrican, Catur Tunggal, Depok Sleman ini memiliki visi yaitu membantu mencerdaskan putra-putri bangsa dengan memadukan keunggulan akademik dan nilai-nilai humanistik yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani yang universal dan cita-cita kemanusiaan sebagaimana terkandung dalam Pancasila.

Universitas ini bertekad untuk menciptakan anak bangsa yang memiliki kemampuan akademik sesuai dengan bidang studinya dan integritas kepribadian yang tinggi. Salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta ini juga sangat cocok untuk menjadi tempat berkuliahmu.


8. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta


12 Universitas Terbaik di Yogyakarta yang Paling Populer dan Favorit

Rangking Dunia: 5574
Rangking Indonesia: 80  

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka) merupakan universitas yang mengintegrasikan dan menginterkoneksikan antara keilmuan agama dan disiplin ilmu yang dipelajarinya.

Apapun jurusan yang diambil, mahasiswa UIN Suka akan tetap dibekali dasar keagamaan yang kuat. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya hebat, tapi juga beradab dan bermartabat.

Di kampus yang terletak di perbatasan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman ini, kamu bisa memilih apakah ingin mengambil jurusan keagamaan yang tentunya sudah melegenda maupun jurusan umum lainnya. Jangan salah, walaupun UIN Suka terkenal dengan jurusan agamanya yang keren-keren, banyak juga loh jurusan umum favorit yang bisa dijumpai di sini.


9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 


universitas swasta terbaik di yogyakarta

Rangking Dunia: 5785
Rangking Indonesia: 85  

Alamat: Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281

Universitas terbaik di Yogyakarta berikutnya ditempati oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), sebuah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi – Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus.

Sebagai perguruan tinggi Katolik, UAJY melakukan proses pendidikan dalam konteks iman Kristiani. Dalam usahanya itu, UAJY selalu mengupayakan tercapainya kualitas akademik yang tinggi (Strive for Academic Excellence), dan keberpihakan pada kaum yang lemah (Option for The Poor), serta menghasilkan lulusan yang memiliki semangat dankeberanian menjadi Men and Women for Others.

Selain itu, UAJY akan menjadi perguruan tinggi alternative pilihan siapa saja karena keunggulan yang dimilikinya dan didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memiliki etos, komitmen, dan kapasitas tinggi untuk melaksanakan proses manajemen universitas.


10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta


universitas negeri terbaik di yogyakarta

Rangking Dunia: 5952
Rangking Indonesia: 87  

Alamat:  Jalan SWK 104, Condongcatur, Depok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta biasanya disingkat UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasaan di yogyakarta yang berdiri pada tanggal 2 Oktober 1958 dengan nama pertama kali Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran” sebagai sumbangsih negara terhadap para veteran pejuang kemerdekaan republik indonesia.

Pada tanggal 30 Juli 1965 Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran” berubah nama menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran”.Berikutnya PTPN “Veteran” pun berubah namanya menjadi Unversitas Pembangunan Nasional “Veteran” pada tanggal  tanggal 5 November 1977.

UPN “Veteran” mengalami perubahan status kedinasannya menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sejak tanggal 1 April 1995. Status perguruan tinggi swasta disandang UPN “Veteran” Yogyakarta cukup lama hingga awal oktober 2014. Pada 6 Oktober 2014 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta akhirnya kembali mendapat status kedinasaannya menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).


11. Informatics and Computer College Stmik Amikom 


universitas swasta di yogyakarta terakreditasi a

Rangking Dunia: 6078
Rangking Indonesia: 91

Alamat Kampus Terpadu : Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY Kabupaten Sleman di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta.

AMIKOM Yogyakarta memiliki Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Program studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.

Perguruan Tinggi swasta terbaik di Jogja yang berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta ini juga menjadi salah satu kampus terfaforit di Jogja.


12. Universitas Kristen Duta Wacana


kampus terbaik jogja 2017 2018

Rangking Dunia: 6461
Rangking Indonesia: 101

Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55224

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) didirikan pada tahun 1985 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang berdiri sejak 31 Oktober 1962 hasil penggabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang. Selanjutnya berkembang hingga sekarang menjadi Universitas Kristen Duta Wacana dengan 5 fakultas dan 13 program studi. Universitas Kristen Duta Wacana sendiri berlokasi di Gondokusuman, Yogyakarta.


Demikian top 12 perguruan tinggi atau universitas terbaik di Yogyakarta. Bagi kamu yang ingin berkuliah di kota satu ini, jangan ragu karena selain ada banyak pilihan PTN dan PTS, Jogja juga memiliki banyak tempat hiburan yang keren, mulai dari Malioboro, Gembiraloka, dan banyak lagi lainnya.


Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!